Resep Sayur Lodeh Nangka Khas Aceh

Kalau pada resep sayur lodeh isi terong khas Aceh sebelumnya tidak ada nangka, maka pada postingan kali ini Resep Sayur Lodeh Nangka Khas Aceh penulis akan bagikan resep yang mengandung nangka muda sebagai salah satu bahan utamanya. Makanan asal Aceh ini memang bisa dibuat dengan berbagai macam sayuran, seperti rebung, nangka, kacang, panjang, terong, melinjo dan lainnya sesuai dengan selera Anda. Santan sebagai bumbu utama juga bisa Anda gantikan dengan santan instan yang sering tersedia di supermarket untuk menghemat waktu Anda memeras kelapa.

Bahan Dan Resep Sayur Lodeh Nangka Khas Aceh

Bahannya :

- 200 gram nangka muda/kluwih muda
- 150 gram kacang panjang, potong @ 3 cm
- 1 buah terong, belah 2, potong-potong
- 50 gram daun melinjo muda
- 75 gram buah melinjo
- 5 buah cabai hijau, belah 2
- 1000 ml santan kental
- 250 ml santan cair
- 1-2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1 potong tempe semangit
- garam dan gula sesuai selera

Bumbu Halus Sayur Lodeh

- 2 buah cabai merah
- 3 siung bawang putih
- 7 buah bawang merah
- 1/2 sendok teh terasi
- 1 sendok teh ketumbar, sangrai
- 1 sendok teh kencur cincang

Cara Membuat Sayur Lodeh

Dengan api sedang sambil sesekali diaduk, rebus nangka muda, bumbu halus, tempe busuk, salam, dan lengkuas dengan santan cair sampai lunak. Lalu masukkan sisa bahan termasuk santan kental, kecilkan api. Kemudian masak sambil tetap diaduk sampai semuanya matang. Terakhir Sajikan sayur lodeh setidaknya 3-4 jam setelah diangkat dari api supaya bumbu meresap baik. Itulah Resep Sayur Lodeh Nangka Khas Aceh yang dapat penulis berikan. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

0 comments so far,add yours