Resep Ayam Bumbu Kecap Khas Aceh

Pada postingan yang lalu resep lodeh sayur nangka penulis sudah membahas cara memasak sayur lodeh isi nangka yang lezat. Nah. postingan kali ini penulis akan berikan Resep Ayam Bumbu Kecap Khas Aceh yang tidak kalah lezatnya dari resep diatas. Daging ayam biasanya jadi bahan masakan yang bisa ditemui di mana aja. Dipasar sangat banyak dijual oleh pedagang, pada pedagang keliling juga ada. Di warung nasi suda pasti juga ada sebagai lauk yang dijajakan oleh penjual nasi. Makanan khas Aceh ini sangat enak bila disantap dengan nasi putih disaat makan siang maupun malam bersama keluarga tercinta. cara membuatnya juga tidaklah sulit, bahan - bahan untuk membuatnya juga sangat mudah dijumpai. Daripada kita beli diluar mending kita masak saja sendiri di rumah. cekidot kita memasaknya!!

Bahan Dan Resep Ayam Bumbu Kecap Khas Aceh

Berikut ini penulis berikan bahan dan resep serta tata cara untuk membuat ayam bumbu kecap tersebut, adapun bahan - bahanya adalah sebagai berikut :

Bahan – Bahan :

- 1 ekor ayam, potong
- 1 sdm garam
- 1/2 sdt lada halus
- 3 sdm air jeruk nipis

Bumbu :

- 9 butir bawang merah, iris halus
- 5 siung bawang putih, iris halus
- 2 bh tomat, potong
- 2 cm jahe, memarkan
- 2 cm laos, memarkan
- 1 sdt gula pasir
- 5 sdm kecap manis
- 1 sdm saus inggris
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuatnya :
Pertama lumuri potongan ayam dengan garam, lada halus dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan jahe, laos, tomat, dan ayam. Aduk sampai ayam matang. Kemudian tambahkan garam, gula pasir, kecap manis dan saus inggris. Dan masak hingga matang. Terakhir angkat dan sajikan. Sedikit tambahan, sebelum dimasak, usahakan ayam di ungkep terlebih dahulu. Rebus ayam dalam wajan dengan air yang ditambah garam dan bawang putih keprek. Rebus sampai empuk agar daging ayam matang. Itulah Resep Ayam Bumbu Kecap Khas Aceh yang dapat penulis uraikan. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

1 comment so far add yours

Kang Didno mengatakan...

pas banget untuk menu sahur atau buka puasa tuh...