Resep Batagor Saus Kacang Khas Aceh

Pada postingan kali ini penulis akan membagikan Resep Batagor Saus Kacang Khas Aceh yang katanya sangat gurih itu. Setiap orang yang menyantapnya pasti akan kembali lagi mencari menu yang satu ini ini. mengapa? karena cita rasanya yang nikmat dan lezat serta ciri khasnya yang mantap menjadikan penganan ini adalah salah satu penganan yang paling banyak dicari oleh remaja, anak - anak maupun orang yang sudah dewasa sekalipun. Penganan ini banyak sekali dijual dipasar dan dijual oleh pedagang keliling yang menualnya di gerobak - gerobak dorong. Namun, tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri karena bahan - bahannya yang mudah didapat serta tata cara dalam membuatnya juga tidak sulit.

Bahan Dan Resep Batagor Saus Kacang Khas Aceh

Berikut ini penulis berikan bahan dan resep dalam membuat batagor saus kacang yang lezat dan gurih. Adapun bahan dan resepnya adalah sebagai berikut :

Bahan Batagor:

- 2 buah tahu putih air, belah 8
- 175 gr ikan tenggiri, cincang
- 125 gr udang kupas, cincang
- 50 gr tepung sagu
- 1 btr telur
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 btg daun bawang, iris halus
- 1 sdt garam

Adonan tepung:

- 50 gr tepung beras
- 150 gr tepung terigu
- 350 ml air
- 1 btr telur
- 1/2 sdt garam halus

Pelengkap:

- Sambal kacang
- Jeruk limau
- Kecap manis

Cara membuatnya :
 
1. Aduk tahu, udang, ikan tenggiri, telur, tepung sagu, bawang putih, daun bawang dan garam hingga rata sisihkan.
2. Buat adonan tepung: Aduk telur, garam, tepung terigu dan tepung beras hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
3. Ambil potongan tahu, beri adonan udang atasnya, ratakan. Celupkan tahu dalam adonan tepung, goreng hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
4. Sajikan batagor dilengkapi sambal kacang, jeruk limau dan kecap.

Cara membuat saus kacang:

- 1 Sendok teh gula pasir
- 1 Sendok teh cuka
- 150 gram kacang tanah digoreng dan dihaluskan atau pindakaas/ selai kacang 4 buah cabai merah dikeluarkan biji, dipotong-potong dan digoreng, dihaluskan.
- Garam secukupnya
- Beri air secukupnya. Itulah Resep Batagor Saus Kacang Khas Aceh yang dapat penulis berikan. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

0 comments so far,add yours