Resep Somay Ikan Tenggiri Khas Aceh

Penganan yang satu ini adalah salah satu penganan favorit penulis. penulis sangat menyukai penganan ini karena rasanya yang memang lezat dan gurih seakan ingin tambah dan tambah lagi disaat sedang menyantapnya. Pada artikel ini penulis akan membahas Resep Somay Ikan Tenggiri Khas Aceh yang lezat dan nikmat itu kepada para pembaca. Somay ikan tenggiri ini sangat banyak di jual oleh pedagang keliling maupun rumah makan tertentu. Namun, tidak ada salahnya untuk kita coba membuatnya sendiri karena bahannya yang mudah didapat serta tata cara dalam membuatnya juga sangat gampang, tinggal ikuti sedikit resep dan petunjuk dari penulis semua pasti bisa. hehehe..

Bahan Dan Resep Somay Ikan Tenggiri Khas Aceh

Berikut ini penulis berikan bahan dan resep serta tata cara dalam membuat somay ikan tengiri ini agar menjadi penganan disaat santai dan para pencinta kuliner nusantara dapat membuatnya sendiri dirumah. Bahan dan resepnya adalah sebagai berikut : 


Bahan 1 yang digunakan :
- 200 gr ayam cincang
- 100 gr udang di cincang
- 200 gr ikan tenggiri dihaluskan
- 2 sdm ebi digoreng dan diulek lemes

Bahan 2 yang digunakan :
- 150 gr tepung tapioka
- Tepung terigu secukupnya
- 150 gr labu sian /bengkoang serut halus
- 150 ml air

Bumbu yang digunakan :
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 1 sdt merica
- 1 sdt gula
- 1 sdt garam
- Kecap ikan secukupnya

Cara Membuat Somay Ikan Tenggiri :
Mulanya campur bahan 1 dan 2 juga bumbu diuleg serta kecap asin, lalu diulet pake tangan kemudian diaduk hingga merata. Lalu tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu keras. Kemudian setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk, penulis menggunakan kulit pangsit dan di isi bahan adonan ini. Kemudian isi siomay yang lain seperti tahu, kol rebus, kentang, paria, telor. Lalu kukus sampai matang.

Saus Kacang yang digunakan :
- 200 gr kacang tanah goreng
- Gula merah
- 1sdt garam
- Kecap sedikit
- 3 siung bawang putih
 50 gr kentang rebus,
- Haluskan santan encer

Somay dibuat dengan cara menghaluskan semua bahan - bahan yang telah dipersiapkan, kemudian masak di api kecil sampai mengental dan kelihatan berminyak. Itulah Resep Somay Ikan Tenggiri Khas Aceh yang dapat penulis berikan. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

2 comments so far,add yours