Resep Martabak Tahu Khas Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan penganan yang satu ini? tentunya semua mengenal dan mengetahui penganan ini bukan. jajanan yang satu ini sangat banyak dijual oleh pedagang - pedagang keliling dan pedagang musiman. saat bulan puasa tiba jikalau kita ke pasar untuk membeli penganan berbuka puasa, tak jarang kita jumpai jenis makanan yang satu ini. Karena apa, karena jenis penganan ini adalah salah satu jenis penganan favorite para pembeli untuk dijadikan menu berbuka puasa. Nah, pada kesempatan ini penulis ingin memberikan Resep Martabak Tahu Khas Aceh yang sangat banyak dijumpai di pasar. Namun, tidak ada salahnya untuk kita  mencoba buat sendiri karena bahan - bahannya yang mudah didapat serta tata cara dalam membuatnya tidaklah sulit. 

Bahan Dan Resep Martabak Tahu Khas Aceh

Berikut ini penulis akan memberikan bahan - bahan dan resep serta tata cara dalam membuat martabak tahu tersebut :

Bahan adonan untuk kulitnya :

- 2 butir telur
- 50 gram tepung terigu
- 1/3 sendok teh merica bubuk
- 500 cc air
- 1 sendok makan minyak sayur atau mentega cair
- Garam secukupnya

Bahan untuk isinya :

- 2 potong tahu putih, cincang kasar
- 250 gram daging giling
- 3 batang daun bawang, iris halus
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 1 sendok teh bumbu kari bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 4 butir bawang merah, haluskan
- 4 buah cabai hijau, iris halus

Cara Membuat Isi :
 
Mulanya Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih halus sampai harum. Lalu masukkan daging giling, aduk-aduk sampai daging berubah warna. Kemudian masukkan bumbu kari dan merica bubuk, tuang 1/2 gelas air/kaldu. Lalu masak sampai bumbu meresap. Terus tambahkan tahu, daun bawang dan cabai hijau iris, aduk rata. Kemudian Setelah semua bahan matang, matikan apinya terakhir sisihkan.

Cara Membuat Martabak :

Pertama - tama campurkan bahan untuk adonan dadar, aduk rata. Lalu panaskan wajan dadar (gunakan anti lengket), olesi sedikit minyak goreng. Kemudian Masukkan 2-3 sendok makan adonan telur, buat dadar sampai matang, angkat. Terus Siapkan selembar dadar, beri bahan isi, kemudian lipat seperti amplop, atau gulung sesuai selera. Lakukan untuk sisa bahan sampai habis. Kemudian lumuri dengan telur kocok, kemudian goreng di atas api sedang sampai kulit kecokelatan, Lalu angkat, terakhir tiriskan. Serta hidangkan bersama saus tomat atau saus sambal, sesuai dengan selera Anda. Itulah Resep Martabak Tahu Khas Aceh yang dapat penulis berikan. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

0 comments so far,add yours