Resep Cumi Masak Kecap Khas Aceh


Pada postingan kali ini penulis akan berbagi sedikit Resep Cumi Masak Kecap Khas Aceh yang perlu untuk dicoba oleh para pencinta kuliner nusantara. Nah, masakan Cumi yang satu ini merupakan masakan yang sangat nikmat apabila disantap dengan nasi putih yang sedang hangat. Cumi Masak Kecap ini merupakan masakan yang sangat nikmat menurut penulis. Rasa yang manis dan gurih serta kenyal dari cumi bercampur didalam mulut dan memiliki cita rasa tersendiri. Apakah anda penasaran dengan makanan seafood ini?. Tenang saja, sebentar lagi penulis akan memberikan bahan dan resep serta tata cara dalam membuatnya

Bahan Dan Resep Cumi Masak Kecap Khas Aceh

Bahan  :
- Cumi-cumi ukuran sedang, 5 buah, buang isi dan kepalanya
- Daging sapi cincang, 250 gram
- Tepung roti / panir, 50 gram
- Telur ayam, 1 butir
- Daun bawang, 1 batang, iris tipis
- Bawang bombay, 1/2 buah, cincang halus

Bahan Kuah  :
- Air, 400ml
- Kecap manis, 2 sendok makan
- Cabai rawit merah, 7 buah
- Cengkih, 2 butir
- Pala bubuk, 1/2 sendok teh
- Garam, secukupnya
- Bawang goreng, secukupnya
- Minyak goreng, 2 sendok makan

Bumbu Halus  :
- Bawang merah, 4 butir
- Bawang putih, 2 siung
- Kemiri, 2 butir, sangrai
- Ketumbar, 1/2 sendok teh, sangrai
- Merica bubuk, 1/2 sendok teh

Cara membuat Cumi Isi Masak Kecap :
Pertama - tama Bersihkan cumi-cumi, buang kulit arinya, sisihkan. Campur daging sapi, tepung roti / panir, telur, daun bawang, bawang bombay, garam dan merica. Aduk rata. Masukkan campuran daging ke dalam cumi, semat ujung cumi dengan tusuk gigi. Lakukan hingga cumi habis. Panaskan panci pengukus, masukkan cumi isi dan tusuk seluruh permukaan cumi dengan tusuk gigi. Kukus cumi isi hingga matang, angkat dan buang tusuk giginya. Biarkan dingin dan kerat-kerat cumi, potong sesuai selera. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tuang air, tambahkan kecap manis, cabai rawit, cengkih, pala bubuk dan garam. Masak hingga mendidih. Masukkan cumi-cumi, masak sebentar sekitar 3 menit. Angkat. Sajikan ketika masih hangat.

Sedikit tips untuk memasak cumi: 
Janganlah terlalu lama jika memasak cumi dan pakailah api yang besar, karena cumi akan mengeras dan tidak kenyal lagi. Itulah Resep Cumi Masak Kecap Khas Aceh yang dapat penulis berikan. Terus kunjungi Blog Dunia Resep dan dapatkan berbagai resep favorit Anda. Selamat Mencoba!!
Share To:
Magpress

MagPress

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

0 comments so far,add yours